Followers

Tuesday, November 3, 2009

sifat AR-RAHMAN dan AR-RAHIM ALLAH..



Ar-Rahman atau Kepengasihan Allah swt terhadap makhluk tidak memandang tingkat ketaatan makhluk dalam menjalankan perintah-Nya. Sehigga Allah swt mengasihi setiap makhluk yang telah diciptakan-nya secara merata baik itu manusia atupun hewan, tumbuhan, iblis, malaikat dan makhluk-makhluk yang lainnya

Sebagai contoh, dengan sifat kepengasihan Allah swt inilah seekor induk haiwan menyusui anak-anaknya dan membesarkannya dan dengan sifat kepengasihan itu juga seorang ibu menyusui dan membesarkan anak-anaknya, sehingga melalui sifat kepengasihan ini, Allah swt membuktikan bahwa Dia sebagi Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Menguasai menjamin hak hidup sebagai hak dasar bagi setiap makhluk yang diciptakan-Nya.

Pengingkaran terhadap hak hidup atas makhluk tanpa hak, sesuai dengan tujuan penciptaannya merupakan pengingkaran langsung terhadap hak penjaminan yang telah diberikan langsung oleh Allah swt dan pengakuan terhadap hak hidup sebagai hak dasar dari setiap makhluk merupakan suatu ibadah yang apabila dilakukan karena Allah swt akan mendapat imbalan dan penghargaan yang benilai tinggi di sisi-Nya.


Ar-Rahim merupakan sifat kelanjutan dari sifat Ar-Rahman dimana sifat Ar-Rahim ini diberikan sebagai bentukpenyempurnaan dari sifat Ar-Rahman atau kesempurnaan sifat kepengasihan Allah swt terhadap makhluk yang telah diciptaka-Nya.

Kesempurnaan tersebut merupakan apresiasi dari nilai ketaatan dan nilai ketundukan makhluk dalam menjalankan perintah yang telah diberikan Allah swt. Sehingga kepengasihan terhadap makhluk yang tanpa disempurnakan dengan sifat sayang-Nya bisa saja dimaknai dengan penghukuman Allah swt dan kepengasihan yang disertai dengan sifat sayang merupakan penganugerahan yang bermakna lebih baik dari penghukuman itu.

Categories:

0 comments: